Semester Baru, Tantangan Baru


Baru saja semester 3 berakhir dan kini aku mulai memasuki semester 4.
Sebelum melanjutkan, ada baiknya jika me-review sedikit mengenai hasil yang telah diperoleh pada semester sebelumnya. Di semester 3 kemarin aku mengambil 22 SKS dari jatah 23 SKS yang ku peroleh. Sangat disayangkan juga kalau menyisakan jatah SKS, tetapi mau bagaimana lagi karena hasil itu juga tergantung dari nilai semester 2 yang amat mengecewakan. Tapi ya sudahlah, yang lalu biar menjadi pelajaran untuk ke depannya agar menjadi lebih baik lagi.

Terlepas dari segala keterpurukan masa lalu, biar bagaimana pun aku harus tetap mengucap syukur.
Alhamdulillah.., mungkin kata itu yang hanya bisa aku ucapkan setelah semua nilai semester 3 usai dipublish. Kebanyakan nilai-nilaiku memang hampir seragam, yakni B. Ada yang pas, ada yang kurang dan ada yang lebih juga tentunya. Dari total 10 matakuliah di semester lalu, 2 di antaranya hampir ku dapatkan nilai sempurna. Namun sayang, mungkin memang belum waktunya. Tetapi ada satu hal yang cukup mengejutkan dan sebenarnya mendebarkan juga karena matakuliah ini termasuk yang paling akhir keluar nilainya. Nama matakuliah tersebut adalah Pemrograman Web yang diampu oleh dosen bernama Salhazan, S.Kom. Secara mengejutkan, aku berhasil mendapatkan nilai A. Dan karena hal tersebut pula lah Index Prestasi Semester (IPK) ku menembus angka 3,02. Pertama kalinya sepanjang perjalanan akademikku. Bangga sekaligus masih belum percaya juga bahwa aku mampu mendapatkannya, aku telah meraihnya. Sejak awal semester 3 lalu memang aku telah menanamkan semangat dalam diriku untuk lebih maju agar mendapat hasil yang baik pada akhirnya nanti. Dan ternyata, hal tersebut nyata terwujud. Aku baru benar-benar menyadari akan pentingnya semangat juang setelah merasakan semua hasilnya, tetapi tetap tidak lupa pula akan proses yang harus dijalani.

Setelah apa yang aku inginkan tercapai, bukan berarti aku terlena akan hasil yang telah kuraih dengan susah payah tersebut. Kini, semester 4 di depan mata, aku harus bisa mempertahankannya. Bahkan kalau bisa aku ingin lebih meningkatkannya lagi mengingat mulai semester ini aturan perkuliahan semakin ketat.

Bicara soal peraturan, tidak ada perubahan yang mencolok memang. Bagi mereka yang senantiasa mengindahkan kedisiplinan, pasti tidak akan merasa adanya keanehan. Karena sebenarnya, peraturan baru yang diterapkan adalah memang aturan-aturan lama yang dikemas ulang sedemikian rupa dan hanya bersifat penegasan dari aturan sebelumnya saja. Sebagai contoh, masalah absen/kehadiran yang diwajibkan sebesar minimal 75% dan yang tidak memenuhi angka tersebut maka tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Sebenarnya sejak dahulu juga peraturan tersebut memang telah ada, hanya saja memang belum terlalu optimal karena penerapannya masih kondisional dan belum merata untuk semua matakuliah. Hal tersebut tidak dipungkiri memang sebagai tindak lanjut dari sertifikasi atau ISO 9001:2008 yang didapat oleh UII, khususnya FTI pada beberapa waktu lalu.

Bookmark and Share
3 thoughts on “Semester Baru, Tantangan Baru

  1. semoga kuliahnya lancar đŸ™‚

  2. Semangat… Semangat..

  3. selamat menjalankan ibadah kuliah, semoga sukses selalu

Leave a Reply

