Sheila on Bintang Buana


Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Setelah sekitar satu bulan lamanya Sheila On 7 melakoni tour Sumatera sedari akhir Oktober hingga 24 November, kini mereka telah kembali ke kota tercinta. Dan terakhir kali aku menyaksikan penampilan live SO7 pada acara PRPP : JATENG FAIR 2009 di Semarang, Jawa Tengah bersama teman-teman yang tergabung dalam komunitas SheilaGank Jogja. Meskipun acara ini berlangsung di ‘markas’ SO7, yakni Jogja, tetapi kami juga kedatangan tamu dari luar kota. Seperti SG Compass Semarang, SG Pandawa Lima Solo, serta beberapa orang perwakilan dari SG Jabodetabek, Purwokerto, dan Cirebon.

Acara yang berlangsung di Lapangan Dwi Windu, Bantul, Yogyakarta ini baru dimulai jam 9 malam, tapi kami telah tiba di lokasi sekitar ba’da waktu shalat Maghrib. Mengingat perjalanan yang menempuh jarak cukup jauh dan juga karena acara masih lama, maka kami memutuskan untuk makan bersama terlebih dahulu. Setelah selesai makan, kami mulai memasuki lokasi acara.

Dikarenakan jumlah anak-anak SG cewek yang ikut waktu itu cukup banyak , kami pun menyusun strategi untuk masuk ke depan panggung utama. Dengan susunan formasi selang-seling, yakni dikomandani oleh beberapa orang cowok yang masuk terlebih dahulu dengan tujuan untuk membuka jalan, baru kemudian para cewek menyusul di tengah dan sejumlah cowok yang tersisa menutup formasi kami.

Setelah berhasil menempatkan diri di depan panggung utama, kami kembali mengatur formasi. “Langsung membentuk lingkaran,” begitu kiranya komando salah seorang dari kami. Walaupun acara memang belum dimulai tetapi kami sudah stand-by berada di depan panggung. Bukan apa-apa. Kami hanya tidak ingin konser ini menjadi ‘Yang Terlewatkan’ biar hanya sedetik saja.

Satu jam berlalu, penantian pun mulai berbuah manis ketika sang pemandu acara memanggil bintang tamu utama acara malam itu, “Saudara sekalian, mari kita sambut dengan meriah group band kebanggaan kita semua, SHEILA ON 7..!”

Konser pun dimulai dengan dinyanyikannya lagu ‘Kita,’ lagu yang sekaligus mengantarkan Sheila menuju ketenaran. Semua SheilaGank pun bersorak gembira dan ikut menyanyikan lagu tersebut.

Seolah mengajak bernostalgia, Baba Duta, sapaan akrab sang vokalis, menyanyikan hampir semua lagu yang pernah menjadi hits dari masing-masing album Sheila On 7 tanpa henti. Begitu lagu pertama habis, langsung disambung dengan lagu kedua, waktu itu adalah ‘Seberapa Pantas’ yang diambil dari album ketiga mereka, 07 Des. Dan begitulah seterusnya. Barisan lagu-lagu berikutnya dibawakan secara acak, dan bahkan ada juga yang di-medley. Kalau tidak salah ingat sebelum menyanyikan lagu “Yang Terlewatkan,” Om Duta terlebih dahulu membawakan satu lagu lawas yang saya sendiri lupa judulnya. Ada sedikit hal yang menarik saat konser ini, dibawakannya beberapa lagu yang tidak terlalu menjadi unggulan di album-albumnya yang terdahulu, seperti lagu “Perhatikan Rani” , “Temani Aku” , “Generasi Patah Hati” dan “Kau Kini Ada” cukup mengherankan juga buat saya. Tetapi bukan berarti tidak suka, justru hal ini sangat menambah semangat saya dan kawan-kawan untuk Melompat Lebih Tinggi.

Sebenarnya, yang sangat saya nanti-nanti adalah lagu-lagu dari album ‘The Very Best Of: Jalan Terus.’ Entah mengapa saya begitu ingin mereka membawakan lagu-lagu dari album ini, walaupun lagu barunya hanya berjumlah 3, dan sisanya adalah lagu-lagu lama (maklum saja lah, namanya juga album The Best.) Saya merasa seperti ada spirit tersendiri di dalam album ini. Namun sayang ternyata harapan itu belum bisa terwujud di konser kali ini. Yah… mungkin lain kali.

Tidak terasa sudah satu setengah jam lamanya kami bernyanyi, berjingkrak, dan menggila bersama. Sekitar 20 lagu lebih telah dibawakan pada malam itu. Konser pun harus berakhir. Belum puas rasanya kami melepas rindu. Tetapi kami tidak kecewa, karena mendengar kabar dari pihak Lima Kosong Tujuh management bahwa masih akan ada konser berikutnya tanggal 13 Desember mendatang yang berlokasi di Candi Prambanan. So, Tunggulah aku… di Prambananmu…..

foto bareng selepas konser

Advertisements

3 thoughts on “Sheila on Bintang Buana

  1. SHEILA GANK………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Begitulah…
    Sesuai tagline dari blog ini, The Journalist – Groupies !

  3. weh…weh…weh… sheila mania

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s